Fungsi dan tujuan sekolah.

Apakah fungsi dan tujuan sekolah? Mungkin kebanyakan dari Anda  akan mengatakan bahwa sekolah adalah tempat untuk membekali siswa-siswanya (termasuk Anda atau anak-anak Anda) untuk memasuki lapangan pekerjaan. Ya, kebanyakan orang menganggap bahwa sekolah adalah jalan untuk mendapatkan pekerjaan, dimana melalui pendidikan, seorang muda akan mendapat gelar sebagai bukti saat melamar ke suatu perusahaan bahwa dia layak untuk menerima pekerjaan itu, dan menghasilkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhan (pribadi maupun keluarga).

Mengapa kebanyakan orang yang tidak lulus kuliah bisa menjadi kaya raya, yang kekayaannya tidak habis untuk menghidupi beberapa keturunan. Sedangkan orang yang bisa dibilang pintar secara akademis/jenius malah menjadi budak dari orang-orang yang tidak lulus kuliah. Contohnya saja Bill Gates, Chairman dari Microsoft. Menurut yang ditulis oleh kapanlagi.com yang berjudul “seberapa kaya ya Bill Gates itu?”, mengatakan bahwa, dalam setiap detik dia dapat menghasilkan US$250, itu sekitar US$20juta sehari (wow…), dan kira-kira US$7,8 milyar setahun. Faktanya, Bill Gates muda tidak lulus dari kuliahnya di Harvard University (alias Drop Out). Adik kelasnya yang berbeda generasi yang bernama Mark Zuckerberg, pemuda berumur 23 tahun, secara tidak sengaja mengikuti jejak Bill Gates drop out dari Harvard University, dan sekarang menjadi pemuda triliuner karena mengembangkan situs facebook.com, yang awalnya dipakai untuk berkomunikasi dengan teman-temannya saat didormitorinya.  The New York Times melaporkan bahwa Yahoo pernah menawarkan sejumlah uang  sebesar US$1 milyar untuk membeli facebook miliknya, dan ia pun menolak tawaran tersebut.

Saya yakin, mereka pasti mempekerjakan orang-orang yang sudah ahli, tidak mungkin tidak, karena bila mereka tidak mempekerjakan orang-orang yang sudah ahli dibidangnya masing-masing, maka perusahaan yang mereka dirikan tidak akan menghasilkan profit yang besar dan akan segera hancur dalam beberapa tahun bahkan bulan saja.

Sekarang bukan profit yang dapat mereka hasilkan dan bagaimana cara mereka menghasilkannya yang akan kita bicarakan di sini, tetapi “apakah bila kita bersekolah tidak menjamin seseorang untuk dapat mencapai kesejahteraan financial?” Jawaban saya adalah, “itu salah besar…!!!”

Apa yang salah dengan semua ini? dan Apa yang sebenarnya yang menjadi permasalahannya? Sebenarnya tidak ada yang salah, yang menjadi permasalaahannya adalah bagaimana seseorang melihat kesempatan yang terbentang didepan mata. Terkadang ada orang yang dapat melihat kesempatan lebih cepat dari pada orang lain. Bill Gates dan Mark Zuckerberg melihat kesempatan itu lebih cepat dari teman-temannya di Harvard University.

Jadi, fungsi dan tujuan sekolah tidak hanya mengisi otak siswa-siswanya dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga mengajarkan aplikasi dari ilmu pengetahuan tersebut ke dalam dunia pekerjaan yang diminati siswa-siswanya dan membantu siswa melihat kesempatan-kesempatan yang ada. Agar setiap siswa mendapatkan gambaran bagaimana lapangan pekerjaannya nantinya dan meraih sukses dimasa yang akan datang. Dan setiap sekolah juga harus membentuk karakter yang baik dari dalam diri setiap siswanya, karena tanpa karakter yang baik mereka tidak akan bisa menjadi pemimpin yang baik pula.

Refrensi:

http://www.valleyfaces.com/wp-content/images/MarkZuckerberg.jpg
http://www.kimbrooke.com/graphics/bill-gates-impersonator.jpg
http://www.wired.com/techbiz/startups/news/2007/09/ff_facebook
http://www.fastcompany.com/magazine/115/open_features-hacker-dropout-ceo.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: